Cara benar Menggunakan Fibonacci Retracement Untuk Memprediksi Batas Harga

Cara benar menarik garis Fibonacci Retracement Untuk Memprediksi Batas Harga


Yuk mari kita bermain-main dengan Fibonacci Retracement. Indikator yang satu ini adalah indikator favorit saya. Dasar fibonacci sendiri menurut saya sangat menarik. Deret Fibonacci adalah deret yang sangat cantik. Semakin kita utak-utik, semakin banyak keunikan yang ditemukan dari deret yang kelihatannya sederhana ini. Boleh dibilang, Fibonacci Retracement adalah cinta pertama saya dari semua indikator yang saya kenal. Kok jadi lebay gini yach?

Ok deh, mari kita lihat aja bagaimana menggunakan Fibonacci Retracement untuk menganalisis pergerakan harga. Sesuai dengan filosofi dasar dari Fibonacci itu sendiri, kita mencoba mengamati pola dari sesuatu yang terlihat acak, dalam hal ini pergerakan harga sebuah pair.

Dalam sesuatu yang terlihat acak, ternyata kita bisa menemukan pola-pola tertentu yang ternyata "dipatuhi" secara alamiah oleh segala sesuatu di alam ini. Hmm, klo kita bahas tentang bagaimana amazing-nya deret Fibonacci, mungkin bisa satu buku atau satu film sendiri deh. Iya sudahlah, saya tidak akan membahas secara detil tentang deret Fibonaccidan segala misteri yang ada di dalamnya. Kalau anda tertarik mengenal deret ini, silahkan search aja di mesin pencari.

Kita langsung bahas bagaimana penggunaan deret ini di chart ajah. Langkah pertama untuk menggunakan Fibonacci Retracement adalah, kita harus mengindentifikasi swing atau wave yang terjadi. Itulah mengapa, Fibonacci sering dikaitkan dengan teori-teori wave lainnya seperti Elliot Wave. Sementara kita tunda dulu bahasan tentang Elliot Wave. Kita fokus dulu pada bagaimana menarik Fibonacci Retracemet di chart kita. Ok, kita lanjut. Setelah kita tahu Swing High-Low, kita tarik Fibonacci Retracement. Sesuaikan level 0 dan 100 pada Fibonacci dengan high-low yang sudah teridentifikasi. Untuk lebih jelasnya, mari kita amati chart berikut:

Cara benar Menggunakan Fibonacci Retracement


gambar gbp usd grafik 1 jam

Pada chart di atas, saya  menarik Fibonacci Retracement di harga yang teridentifikasi. High di 1.3582 dan Low di 1.3523. Fibonacci Retracement saya tarik dengan 0 di high dan 100 di low. Pertanyanya kenapa 0 di high dan 100 di low?.

Jawaban:Karena histori harga pair gbp/usd hari kemarin Naik,jadi cara narik garis fibo yang benar adalah dari harga paling bawah di tarik ke atas,pada grafik 1 jam atau pergerakan harga harian,hari kemaren.
Dan jika histori harga pair gbp/usd hari kemarin Turun,maka cara nariknya dari harga paling atas dari histori 1 jam hari kemaren.atau kebalikanya

Kesimpulanya:

Jika harga  naik cara narik fibonya dari bawah dan jika harga pair kemaren turun maka cara nariknya dari atas,,"perumpamaan untuk memudahkan ingatan, kita harus punya pikiran Seperti ini Contohnya: kalau mau naik pasti harus dari bawah,Kalau turun ya Pasti Dari Atas"

Nah, sekarang mari kita perhatikan bagaimana pergerakan harga mematuhi pola yang dibentuk oleh level-level Fibonacci Retracement tersebut.
Oya, kita juga bisa menggunakan Fibonacci Retracement sebagai patokan menentukan support dan resistant pengganti pivot point. Nanti deh, kita akan bahas bagaimana menggunakan Fibonacci Retracement sebagai pivot di artikel yang akan datang.

1 comment: